Selasa, 23 September 2008

Sri Widodo K2C001211

THE INFLUENCE ON DIFFERENCE OF KINDS OF BAIT AND LINE SIZE TO THE CATCH OF KITE FISHING AT KARANG JERUK, TEGAL
Sri Widodo1 Herry Boesono2 dan Pramonowibowo2
SUMMARY

Karang Jeruk is conservation area, so that there is only certain fishing gears allowed to use in there, kite fishing is one of it. Fishermen catch cendro (Tylosurus crocodilus crocodilus) by kite fishing because of they are afraid of noises, using kite is a way to solve it. The aims of the research are to know influences by the difference of kinds of bait and the difference of line size to the catch of kite fishing. The materials of this research are kite fishing, fishing line no.400 and no.00, bilis fish (stolephorus commersonii) and teri fish (stolephorus indicus). The research was held on July 2006 at Karang Jeruk, Tegal. The ANOVA test give result on difference kind of bait Fcount 45.000 (>Ftable) with significance 0.000 (<0.05), it shows that the treatment is really different and the catch is influenced by the kinds of bait, whilemean on the difference of size of line gained Fcount 9.800 (>Ftable) with significance 0.014 (<0.05), it shows that the treatment is really different and the catch is influenced by the size of line. The treatment U1B2 gained the best catch.
Keywords : Kite fishing, kinds of bait, line size, catch

PENGARUH PERBEDAAN JENIS UMPAN DAN UKURAN BENANG TERHADAP HASIL TANGKAPAN PANCING LAYANG-LAYANG DI PERAIRAN KARANG JERUK, TEGAL
Sri Widodo1 Herry Boesono2 dan Pramonowibowo2
RINGKASAN

Perairan Karang Jeruk termasuk daerah yang dijadikan daerah konservasi, sehingga hanya alat tangkap tertentu saja yang diperbolehkan digunakan di perairan ini, pancing layang-layang adalah salah satunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan jenis umpan dan perbedaan ukuran benang pancing yang digunakan terhadap hasil tangkapan pancing layang-layang. Pada penelitian ini materi yang digunakan adalah pancing layang-layang dengan menggunakan senar nomor 400 dan nomor 500, dan menggunakan umpan ikan bilis (Stolephorus commersonii) dan ikan teri (Stolephorus indicus). Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2006 di Perairan Karang Jeruk, Tegal. Hasil Uji ANOVA untuk umpan yang berbeda diperoleh Fhitung 45,000 (> Ftabel) dengan nilai signifikasi 0,000 (< 0,05) menunjukkan bahwa perlakuan tersebut memang berbeda nyata dan hasil tangkapan dipengaruhi oleh jenis umpan, sedangkan dari hasil Uji ANOVA untuk ukuran benang yang berbeda diperoleh Fhitung 9,800 (> Ftabel) dengan nilai signifikasi 0,014 (<0,05) menunjukkan bahwa perlakuan tersebut memang berbeda nyata dan hasil tangkapan dipengaruhi oleh ukuran benang. Perlakuan yang mendapatkan hasil paling banyak adalah pada perlakuan U1B2 dengan jumlah 20 ekor dan berat total 10,140 kg.
Kata Kunci : Pancing layang-layang, jenis umpan, ukuran benang, hasil tangkapan.

1 Mahasiswa PS PSP FPIK Undip (swied_he_he@yahoo.com)
2 Staf Pengajar FPIK Undip

Tidak ada komentar: