Selasa, 23 September 2008

Indiastuti Wahyu Utami K2C004166

ANALISIS OPTIMALISASI PELAYANAN PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) MUARA CIASEM DILIHAT DARI ASPEK PENANGKAPAN
Indiastuti Wahyu Utami *); Herry Boesono**); Agus Suherman**)

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya tingkat pemanfaatan dan kondisi yang paling optimal dari PPI Muara, besarnya potensi penangkapan, dan menganalisa optimalisasi pelayanan operasional yang tersedia di PPI Muara. Materi yang digunakan adalah pelayanan operasional dan perkembangan potensi penangkapan yang meliputi produksi ikan, jumlah kapal, dan jumlah nelayan di PPI Muara. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif, dan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Analisis datanya menggunakan time series, analisis pemanfaatan dan analisis SWOT.
Berdasarkan data produksi selama tahun 2004-2007 rata-rata mengalami penurunan, hal ini menerangkan bahwa harga produksi di TPI Mina Bahari Muara semakin menurun dan bisa dikatakan kurang baik. Pelayanan untuk lelang ikan dilaksanakan dua kali operasi, dan para personilnya berasal dari pegawai TPI Mina Bahari tersebut. Tingkat pemanfaatan dari PPI ini bisa dikatakan belum optimal karena hanya 45% saja penggunaan dari kolam pelabuhan. Pelayanan pegawai PPI itu sendiri bisa dikatakan mencapai tingkat optimum walaupun masih ada kekurangan dari masing-masing personilnya
Kata kunci : Kabupaten Subang, TPI Mina Bahari Muara, Pelayanan Pelabuhan, Analisis SWOT

ABSTRACT
The purpose of this research are to know the level of facility and knowing condition fish catching potency and analyzed the services of PPI Muara. The materials are the operational services and fish production development, number of vessel, and number of fisherman in PPI Muara. The used methode is a survey deskriftive methode, observation, interview, and literature study are used to get the data. The data analysis are facilities utilization levels, time series, and SWOT analysis.
Building on production data experience decrease in average at 2004 – 2007, provides an explanation of price production in TPI Mina Bahari Muara on the wane and broadly unvorable. Services in landing is enforceable twice operation, and the employee derive from TPI Mina Bahari. The level of facility from this PPI broadly not optimum because only 45 % employee a basin. Service the employeement broadly attained optimum condition although be still decrease with employeement.

Kata kunci : Subang, TPI Mina Bahari Muara, Services Port, SWOT analisys
*) Mahasiswa PSP FPIK Undip e-mail: qu_crut@yahoo.com
**) Staf Pengajar PSP FPIK Undip

Tidak ada komentar: