Rabu, 11 Maret 2009

Ardianto Satrio Wibowo K2C003140

PENINGKATAN PRODUKSI MELALUI ANALISA KUALITAS PELAYANAN
MANAJEMEN OPERASI PENANGKAPAN IKAN
DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA PRIGI KABUPATEN TRENGGALEK JAWA TIMUR

Ardianto Satrio Wibowo1 Abdul Rosyid2 Herry Boesono2

Pelayanan mempunyai peranan penting dalam dunia perikanan, khususnya tersedianya pelayanan jasa pelabuhan perikanan. Pelabuhan perikanan merupakan prasarana yang mendukung para nelayan untuk melakukan kegiatan-kegiatan produksinya, mulai dari memenuhi kebutuhan perbekalan untuk membongkar hasil tangkapannya. Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi pelabuhan perikanan samudera, yang mana dari segi geografis sangat strategis oleh karena mengarah langung ke Samudera Hindia, kondisi alam yang berupa teluk (Teluk Prigi) sangat ideal, serta dari segi jenis ikan tangkapan yang umumnya merupakan ikan yang mempunyai nilai ekonomis penting dan merupakan komoditas ekspor.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan manajemen operasi penangkapan ikan dan untuk mengetahui penilaian baik atau buruk mengenai kualitas pelayanan manajemen penangkapan ikan yang didasarkan atas sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat nelayan terhadap kinerja yang diselenggarakan oleh PPN Prigi kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, dengan menggunakan metode servqual sebagai alat analisanya.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif (penjelasan) kuantitatif - kualitatif. Hal ini dikarenakan tipe penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan gejala sosial tertentu. Adapun gejala sosial yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah deskripsi mengenai bagaimana kinerja dari organisasi publik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat nelayan, yang dilakukan dengan pengukuran metode servqual sesuai dengan ketentuan KEPMENPAN No 25 Tahun 2004.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesesuaian antara persepsi dan harapan pada dimensi bukti langsung sebesar 79%. Tingkat kesesuaian antara persepsi dan harapan pada dimensi kehandalan sebesar 67%. Tingkat kesesuaian antara persepsi dan harapan pada dimensi daya tanggap sebesar 87%. Tingkat kesesuaian antara persepsi dan harapan pada dimensi jaminan sebesar 81%. Sedangkan, tingkat kesesuaian antara persepsi dan harapan pada dimensi empati sebesar 87%.
Sedangkan dalam analisis diagram kartesius, dimensi kehandalan berada pada kuadran pertama yang berarti kinerja dari dimensi tersebut dianggap tidak memuaskan oleh masyarakat nelayan. Pada kuadran kedua terdapat dimensi jaminan, dan dimensi empati yang dianggap oleh masyarakat nelayan kinerjanya sudah memuaskan. Pada kuadran ketiga terdapat dimensi bukti langsung yang berarti kinerja dimensi tersebut dianggap biasa-bisa saja. Sedangkan pada kuadran keempat terdapat dimensi daya tangggap yang berarti kinerja dimensi terebut dipersepsikan berlebihan.

Kata Kunci : PPN Prigi, Kualitas pelayanan, Metode servqual

ABSTRACT
Service have the important purpose in fishery world, especially were available servicing of Fishing Port. Fishing Port is the place or means which are support fisherman to do the production activities start from fulfill supplies requirements to force caught result Fishing Port of Prigi Archipelago has a very large potencies to be oceanic of fishing port, where geographical side is very strategic is because of that direct to Hindian Ocean, the condition of nature which provide very ideal of gulf (Prigi Gulf), and from fisheries side generally is a fish which have important economic value and the export commodity
The purpose of this research are to know the quality of management service of fisheries and to know good or bad evaluation about the quality of management service of fisheries which were based as far as where satisfying of fisherman of working which were held by PPN Prigi Trenggalek regency East Java, with using serqual method as this analysis.
The research used descriptive research type (explanation) quantitative-qualitative. This matter caused by, this research intend o describe certain social indication. Well, social indication which were researched in this research are description about how to do the work from public organization on giving services to fisherman, which were conducted with measuring serqual method in accordance with KEPMEN No. 25 2004.
The result of research showed step of conformity between perception and expectation to tangibles result in 79%. The relationship of perception and expectation to reliability results in 67%, the relationship of perception and expectation to responsiveness results in 87%. The relationship of perception and expectation to assurance results in 81%. And the relationship of perception and expectation to empathy results in 81%.
According to analysis of Cartesian diagram, reliability in the first quadrant, that is performance from the dimension, is not satisfactorily fulfilling the fisherman needs. The second quadrant shows a satisfactory assurance, and emphaty. The third quadrant relates to moderate tangibles. The fourth quadrant shows over-perception on responsiveness.
Keyword:PPN Prigi, Service Quality, Serqual Method
1 Mahasiswa PS PSP FPIK Undip (email : rio_vespa78@yahoo.com)
2 Staf pengajar FPIK Undip

Tidak ada komentar: