Kamis, 12 Maret 2009

Aditya Pradipta K2C003132

EFEKTIVITAS KUALITAS PELAYANAN INDUSTRI PERIKANAN
DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA PRIGI KABUPATEN TRENGGALEK
JAWA TIMUR

Aditya Pradipta1 Abdul Rosyid2 Herry Boesono2
arancanopy@yahoo.com

RINGKASAN
Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi pelabuhan samudera, dari segi lokasi, kondisi alam, serta dari segi jenis ikan yang umumnya merupakan komoditas ekspor. Salah satu bentuk pelayanan yang mempunyai peranan penting dalam dunia perikanan, khususnya perikanan laut adalah tersedianya pelayanan jasa pelabuhan perikanan. Penelitian mengenai efektivitas kualitas pelayanan industri perikanan di PPN Prigi ini mencoba menguraikan kondisi dan kualitas pelayanan yang ada di PPN Prigi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas kualitas pelayanan industri perikanan dan tingkat kesesuaian antara kinerja dan tingkat kepentingan unsur pelayanan di PPN Prigi, Kabupaten Trenggalek dengan menggunakan IKM sebagai alat analisanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey deskriptif untuk menggambarkan gejala sosial tertentu. Adapun gejala sosial yang diteliti dalam penelitian ini adalah deskripsi mengenai bagaimana kinerja dari organisasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang dilakukan dengan pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sesuai dengan ketentuan Kepmenpan No 25 Tahun 2004 tentang pedoman umum penyusunan indeks kepuasan masyarakat unit pelayanan instansi pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan industri di PPN Prigi memiliki nilai IKM 68, mutu pelayanan B dan kinerja unit pelayanan baik. Sedangkan tingkat kesesuaian antara kinerja dan tingkat kepentingan unsur pelayanan di PPN Prigi adalah sebesar 86,99% dan kinerja unit pelayanan “Sangat Baik”. Unsur yang memiliki kesesuian tertinggi adalah kepastian biaya pelayanan dengan tingkat kesesuaian 99%, dan unsur yang memiliki kesesuaian terendah adalah keamanan pelayanan dengan tingkat kesesuaian 73,82%.

Kata kunci: Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, Kualitas pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat

ABSTRACT
Archipelagic Fisheries Harbor of Prigi (PPN Prigi) has a very big potention for being ocean harbor, because of location factor, geography factor, and also the many kind of fish factor that commonly it becomes export commodities. This research about service quality effectiveness of fisheries industry at PPN Prigi, will explain about condition and service quality at PPN Prigi. The aims of this research are knowing service quality effectiveness of fisheries industry and measuring the level of balance between the effectiveness and importance level of service substances at PPN Prigi, by using society satisfaction index (IKM) as analysis tool. This research used descriptive survey as its method. It was done because this research describe about certain social symptom. Social symptom that researched in this research is description about how the effectiveness of work in giving service to society that measured by IKM measurement, according to Kepmenpan number 24/2004, about composing guidelines of society satisfaction index at unit of service in the government instance. This result of this research show that service quality of industry at PPN Prigi is 68 as its IKM rate, quality of service is B and the effectiveness of work at unit service is “Good”. While the level of balance between effectiveness of work and important level of service subtances at PPN Prigi are about 86,99% and the effectiveness unit of service is “Very good”. Substances that has the higest balance is the certainty of service cost (99%), and substances that has the lowest balance is service security (73,82%).

Keyword: Archipelagic Fisheries Harbor of Prigi, service quality, society satisfaction index

1 Mahasiswa PS PSP FPIK Undip
2 Staf pengajar FPIK Undip

Tidak ada komentar: