PERBEDAAN RESPON MASYARAKAT TERHADAP
KONSUMSI IKAN SEGAR AIR TAWAR DAN AIR LAUT
DI KECAMATAN KOTA, KABUPATEN WONOSOBO
Apriani Hendaryaningrum, Ismail, Bambang Argo Wibowo
ABSTRAK
Peningkatan konsumsi ikan sangat penting sebagai salah satu upaya penigkatan kecerdasan dan kesehatan bangsa mengingat kandungan gizi dalam ikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku beli konsumen terhadap ikan segar air tawar dan air laut serta menganalisis faktor-faktor konsumsi ikan yang mempengaruhi permintaan ikan segar di Kecamatan Kota, Kabupaten Wonosobo.
Materi yang digunakan yaitu perilaku beli konsumen dan faktor-faktor konsumsi ikan yang mempengaruhi permintaan ikan segar. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 rumah tangga. Penelitian dilaksanakan bulan Mei-Juni 2008. Metode yang digunakan yaitu yaitu metode deskriptif yang bersifat studi kasus dengan analisa kuantitatif. Analisa kuantitatif terdiri dari Analisa Regresi Linier berganda, Koefisien Korelasi ganda, Koefisien Determinasi berganda dan Koefisien Korelasi Parsial. Untuk mengetahui apakah faktor-faktor konsumsi berpengaruh terhadap jumlah permintaan ikan segar dilakukan pengujian hipotesisi dengan uji F. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Wonosobo masih rendah. Fungsi permintaan yang terbentuk yaitu Log Y = 5,708 – 0,214 log X1 – 0,472 log X2 + 0,061 log X3 + 0,024 log X4 + 1,433 log X5. Sehingga nilai elastisitas masing-masing faktor konsumsi yaitu pendapatan rumah tangga (0,214), harga ikan segar (0,472), harga substitusi ikan segar (0,061), pendidikan ibu rumah tangga (0,024) dan kesukaan/selera terhadap ikan segar (1,433).
Dari hasil uji F diperoleh F hitung 31,465 dan tingkat signifikansi 0,000 berada jauh dibawah 0,05 sehingga dapat dikatakan variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Nilai koefisien determinasi ganda 62,6 %. Pendapatan rumah tangga (X1), harga ikan segar (X2), harga barang substitusi ikan segar (X3), tingkat pendidikan ibu rumah tangga (X4) dan kesukaan/selera terhadap ikan segar (X5) berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan atau konsumsi ikan segar (Y).
Kata kunci : perilaku konsumen, faktor-faktor konsumsi, konsumsi atau permintaan, ikan segar
*) Mahasiswa PSP FPIK Undip, **) Staf Pengajar PSP FPIK Undip
THE DIFFERENCE OF PEOPLE RESPONSE FOR CONSUMPTION OF
FRESH WATER AND SALT WATER FRESH FISH
IN KOTA DISTRICT, WONOSOBO
Apriani Hendaryaningrum. K2C 004 140*), Ismail**) Bambang Argo Wibowo**)
annqie_april@yahoo.co.id
ABSTRACK
The improvement of fish consumption is very important as one of nation health and intelligence improvement offort remember the contents of fish nutritions. This research aim to analyze the pattern consumption of freshwater fresh fish and sea water of urban community of Wonosobo and also to analyze factors of pattern consumption influencing consumption or demands of fresh fish.
The materials used by this research are the household of some urban community at Wonosobo which analysed later its pattern of consume and the factors effect on the consumption pattern. The number of examples used by this research are 100 households of some urban community. The research start rfom May-June 2008. The methods used by research are descriptive which case study character with quantitative analysis. Quantitative analysis consisted of multiple linier regression analysis, multiple correlation coefficient, multiple determination coeffisien, partial correlation coefficient. The hypothesis examination with F test used to know whether the pattern of consume are effected by the pattern of consume factors.
The resultof research we know that level of fresh fish at Wonosobo are lower. The demand of function which formed Log Y = 5,708 – 0,214 log X1 – 0,472 log X2 + 0,061 log X3 + 0,024 log X4 + 1,433 log X5. So that elasticity value of each factors consume are household income (0,214), fresh fish price (0,472), fresh fish substitution goods price (0,061), housewife level education (0,024) and also the taste or preference to fresh fish (1,433).
The result of F test, we get F count 31,465 bigger than F tables 1,39 at level test 5 %. It means there is influences from pattern consume factors to demand or consumption of fresh fish at Wonosobo with multiple value determination (R2) 62,6 %. From t test we get that household income (X1), fresh fish price(X2), fresh fish substitution goods price (X3), housewife level education (X4) and also the taste or preference to fresh fish (X5) have a real effect to demand or fresh fish consume (Y).
Keywords : pattern consume, consume factors, demand or consume, fresh water
____________________________________________________________________
*) Mahasiswa PSP FPIK Undip annqie_april@yahoo.co.id, **) Staf Pengajar PSP FPIK Undip
Tidak ada komentar:
Posting Komentar